BSI Perbankan

4 Cara Setor Tunai BSI di ATM, Teller, Indomaret dan Online

April 05, 2023
0 Komentar
Beranda
BSI
Perbankan
4 Cara Setor Tunai BSI di ATM, Teller, Indomaret dan Online

Anda selaku nasabah BSI yang ingin melakukan setoran uang tunai tentu penting untuk tahu cara melakukan setor tunai yang baik dan benar. Apalagi di zaman serba mudah seperti ini ada banyak sekali metode cara setor tunai BSI yang dapat dilakukan, lebih jelasnya bisa Anda simak di sini.

Tentang Bank BSI

Pertama kalinya di tahun 2021 bulan Februari, BSI hadir sebagai Bank Syariah yang didirikan oleh pemerintah, di mana Bank Syariah Indonesia BSI ini adalah penggabungan dari 3 bank Syariah buatan BUMN Badan Usaha Milik Negara yang tak lain adalah PT Bank BNI Syariah Tbk, PT Bank BRI Syariah Tbk, dan PT Bank Syariah Mandiri Tbk.

Adanya BSI di tengah-tengah masyarakat Indonesia, pemerintah membuat komitmen untuk mendorong perekonomian dan diharapkan BSI menjadi energy baru di dalam ekonomi nasional.

Ada sejumlah fungsi utama dari kehadiran Bank Syariah Indonesia antaranya sebagai manajer investasi, investor, jasa keuangan, serta fungsi sosial.

Syarat Melakukan Setor Tunai BSI

Perihal syarat persyaratan dalam melakukan setor tunai BSI ini sangat bervariatif tergantung dengan tempat di mana Anda melakukan setoran tunai tersebut.

Persyaratan melakukan setor tunai ini secara umum mencakup pada limit transaksi, jumlah uang tunai setor yang dibatasi oleh BSI paling sedikit adalah sebesar Rp 50.000 (lima puluh ribu).

Kemudian untuk persyaratan biaya administrasi dalam melakukan setor itu tergantung pada medianya, secara umum biaya administrasi yang dikenakan ialah Rp. 2000 hingga Rp. 6500. Ini juga kembali lagi pada jenis kartu yang digunakan.

Baca juga: Kode Bank Mayora

Panduan Lengkap Cara Setor Tunai BSI

Ada banyak jalur yang bisa Anda tempuh untuk melakukan setor tunai BSI mulai dari setor tunai di mesin ATM, Indomaret, Teller hingga secara online. Adapun cara setornya dijelaskan di bawah ini:

1. Cara Setor Tunai BSI di Mesin ATM

Melakukan setor tunai BSI melalui mesin ATM dapat Anda lakukan dengan mudah, praktis dan bisa melakukannya kapan saja. Berikut ini gambaran langkah-langkah setor tunai BSI di ATM antaranya adalah sebagai berikut:

  • Pertama Anda harus mengunjungi lokasi mesin ATM terdekat.
  • Kemudian langsung saja Anda masukkan kartu ATM tersebut ke dalam mesin CRM atau mesin ATM yang dikhususkan untuk melakukan setor tunai.
  • Selanjutnya pilih bahasa yang Anda pahami semisalnya ‘Bahasa Indonesia’
  • Kemudian silahkan masukkan PIN ATM Anda, ingat Anda tidak boleh salah pilih memasukan PIN jika tidak ingin terkena blokir.
  • Selanjutnya Anda bisa pilih opsi menu “Setor Tunai”
  • Kemudian pilih opsi menu “Rekening Tujuan”, silahkan pilih antara Rekening sendiri atau Rekening Orang lain.
  • Kemudian masukkan uang setoran pada pintu setor tunai.
  • Di dalam layar akan menampilkan tampilan tentang “pecahan uang” yang Anda setor tersebut.
  • Kemudian jika nominal uang sudah sesuai, Anda bisa pilih tekan  “menu Setor”
  • Jika proses setor tunai berhasil, struk akan keluar dari mesin ATM serta kartu ATM yang Anda gunakan tersebut.

Demikianlah langkah-langkah di atas yang dapat Anda ikuti untuk melakukan setor tunai BSI melalui mesin ATM. Cara mesin ATM ini berlaku jika Anda ingin melakukannya di mesin ATM Mandiri.

Baca juga: Posisi Kartu ATM BRI Saat Mengambil Uang

2. Cara Setor Tunai BSI di Teller

Jika tadi melalui mesin ATM, Anda pun bisa melakukan penyetoran uang tunai atau tabungan melalui teller BSI. Cara ini dapat dilakukan jika Anda belum berpengalaman menggunakan mesin ATM atau mesin ATM yang ada di wilayah Anda sedang dalam pemeliharaan.

Cara melakukan setor tunai di teller sangatlah mudah dan praktis, berikut ini langkah-langkahnya:

  • Pertama Anda harus mengunjungi kantor cabang BSI yang dekat di wilayah Anda sendiri.
  • Setelah sampai di lokasi kantor, Anda bisa meminta bantuan untuk mengisi formulir setor tunai ke petugas kantor semisalnya satpam. Isilah formulir setor tersebut dengan lengkap dan benar.
  • Selanjutnya jika Anda sudah mengisinya, silahkan serahkan formulir yang sudah diisi tersebut ke pihak teller bank, silahkan tunggu hingga Anda terpanggil.
  • Jika nama Anda sudah dipanggil, silahkan berikan uang tunai sebagai setoran tersebut dengan jumlah nominal yang sesuai dengan formulir yang Anda isi.
  • Selanjutnya serahkan ke pihak Teller untuk menyelesaikan transaksi setor tunai. Jika sudah, tanda terima setoran Anda diberikan.
  • Tanda terima yang Anda peroleh ini adalah sebagai tanda bukti di mana Anda sudah melakukan transaksi setor tersebut.

3. Cara Setor Tunai BSI di Indomaret

Jika teller Bank keberadaannya jauh dari lokasi Anda, tidak ada salahnya jika Anda melakukan setor tunai BSI ini di Indomaret. Caranya pun tidak jauh praktis dan mudah untuk dilakukan. Adapun langkah-langkah setor tunai BSI di Indomaret ialah sebagai berikut ini:

  • Pertama-tama Anda bisa mendatangi gerai Indomaret terdekat
  • Kemudian datangi kasir dan sampaikan maksud tujuan Anda untuk melakukan setor tunai BSI tersebut.
  • Kemudian berikan nomor rekening BSI yang menjadi tujuan transfer atau setor tunai tersebut ke kasir.
  • Kemudian sebutkan jumlah nominal yang ingin Anda setor dan berikanlah uang setoran tunai tersebut sesuai dengan jumlah setoran yang disebutkan tersebut.
  • Kemudian Anda bisa menunggu untuk beberapa saat hingga proses setor tunai selesai dilakukan oleh kasir indomaret.
  • Jika setor tunai selesai, kasir akan memberikan struk sebagai bukti setoran atau transfer uang tersebut.

Langkah-langkah yang sangat mudah untuk Anda ikuti dan terapkan bukan?

Baca juga: Cara Beli Token Listrik di BSI Mobile

4. Cara Setor Tunai BSI Online

Tidak ingin mengantri di kantor BSI? Anda bisa mendapatkan nomor referensinya terlebih dahulu secara online melalui website resminya. Dengan menunjukkan nomor referensi ke teller, kegiatan setor tunai akan selesai dengan proses yang mudah dan cepat.

Adapun langkah-langkah untuk mendapatkan nomor referensi ini ialah sebagai berikut:

  • Pertama-tama Anda bisa mengakses website resmi BSI terlebih dahulu atau dengan akses situs di web form.bsm.co.id.
  • Setelah situs webs terbuka dan Anda berada di beranda, silahkan klik transaksi untuk melakukan setoran tunai.
  • Kemudian Anda dapat melihat lembar formulir setoran moneter di dalam layar gadget, silahkan isi formulir tersebut secara hati-hati dan benar, isian formulir ini dapat mencakup pada nominal, nama rekening, dan data pendukung lain.
  • Jika sudah mengisi formulir tersebut, Anda bisa menekan tanda setor yang kemudian Anda pun bisa menerima nomor referensi yang dimaksud tersebut. Silahkan tulis nomor referensi atau dengan screenshot nomor referensi untuk nantinya diberikan kepada teller sebagai bukti setoran.
  • Setelah mendapatkan nomor referensi, Anda bisa mendatangi kantor bank dan memberikan nomor referensi yang didapatkan tersebut kepada teller.

Mudah dan sangat praktis untuk dilakukan bukan? Anda jadi tidak perlu melakukan antrian untuk melakukan kegiatan transaksi setor tunai.

Demikianlah sejumlah panduan cara setor tunai BSI dengan sejumlah cara dan tempat. Dengan berbagai metode yang dijabarkan di atas, diharapkan Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan Anda sendiri. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda.

Tidak ada komentar